Selasa, 23 Agustus 2011

PASCA KKN' 2011

Kuliah Kerja Nyata kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2011, kini telah berakhir seluruhnya. Mahasiswa yang merantau ke berbagai dusun di Indonesia selama sebulan penuh, kini telah kembali pada habitatnya masing-masing. Namun kepulangan mereka ke kampung halamannya masing-masing, tentunya tidaklah kembali dengan tangan hampa. mereka kembali dengan membawa segudang oleh-oleh yang mahal harganya, yaitu Pengalaman baru - berMasyarakat.



sebuah oleh-oleh yang tak mampu dinikmati semua orang rasa manisnya, asam atau bahkan pahitnya. hawa dan cuacanya ketika menikmati dagingnya, belum tentu bisa serenyah seperti mereka yang telah langsung turun ke medan kkn.


segudang cerita dalam suka dan duka tak hayal larut dalam sebuah kenangan dan momentum besar yang tercipta. kkn bukanlah hanya sekedar kegiatan mengisi waktu liburan kuliah, ataukah hanya sekedar pemenuhan nilai sks sesuai dengan yang didinginkan kampus, namun kkn memiliki sarat makna yang lebih jauh daripada hanya sekedar hal demikian.


kkn merupakan lembaga Pemberdayaan ummat dalam upaya menciptakan manusia unggul dan berkompetensi tinggi dalam membangun peradaban ummat yang memiliki integritas dan intelektualitas tinggi.


dan mahasiswapun yang terjun langsung pada medan kkn, seharunya menjadi sebuah media pembelajaran baru yang sungguh mampu menjadi tantangan globalisasi dalam pemenuhan kebutuhan ruhiyah akan pertanyaan tantangan global yang semakin merajai dunia, khusunya persaingan ekonomi dan teknologi yang kian pesat mendominasi maraknya pertumbuhan di Indonesia. sehingga yang mampu menjawabnya dengan lantang, bukan lagi mahasiswa yang masih duduk diam di bangku kuliah, atau hanya sekedar menjadi kupu-kupu (baca:kuliah-pulang) di kampus, namun justru seharusnya mahasiswa-mahasiswa veteran KKN lah yang memiliki inovasi yang kreatif dan tangguh sebagai sarana dan prasarana kebangkitan ummat.


karena dakwah yang sesungguhnya adalah di SINI. di kala bercampur dengan masyarakat dari berbagai lapisan dan golongan. disini, ketika diri sudah lepas dari pakaian keseharian dan menjadi satu dengan kondisi masyarakat di sekitar lingkungan kita. telah membudaya dengan hal yang seharusnya dapat dibudayakan untuk mencapai masyarakat yang adil dan sejahtera. ya..di SINI dan bersama kita menjadi INSAN INTELEKTUAL.

0 komentar: